Patung Kayu dan Tenun Gedogan, Lombok

Terdapat banyak sekali pusat kerajinan yang ada di pula Lombok, provensi NTB. Salah satu diantaranya yang lumayan menarik ialah kerajinan patung kayu di dsn.Senanti, ds. Sukaraja, Kc. Jerowaru. Selain itu ada kerajinan tenun gedogan di Pringgasela. Kedua kawasan tersebut terletak Wisata di Lombok Timur. Daerah ini lumayan terkenal sebab masyarakatnya pintar mengembangkan seni kerajinan tradisional yang menarik dan unik serta memiliki nilai jual yang tinggi. Sampai hampir serupa dengan seni patung dari suku Asmat yang ada di Papua. Yang membedakan dengan patung-patung Asmat ialah pada bentuk wajah dan pakaian atau asesoris yang dikenakan patung itu.

Keterampilan para pengerajin untuk mengembangkan kerajinan seni patung tersebut di turunkan secara turun temurun sejak nenek moyang kemudian diwariskan kepada anak cucu mereka. Itu yang menyebabkan penduduk dusun Senanti terampil sekali mengkreasikan kerajinan patung karya mereka sebab kehidupan serta lingkungan para pengerajin telah bersentuhan langsung dengan budaya yang dilestarikan sejak zaman dahulu kala. Patung-patung tersebut dibuat dari kayu jenis mahoni, lian, kayu jati dan bajur. Konsumen dapat memesan langsung sesuai dengan keinginan dan kebutuhan serta jenis bahan dasarnya, apakah dari kayu jati, mahoni, atau kayu yang lain. Hasil seni patung masyarakat Senanti telah dijual ke beberapa daerah seperti Jakarta, Bali, Jogjakarta, dan berbagai kota yang lain. Tidak heran bila daerah ini sering dikunjungi wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

Selain itu, kain tenun Gedogan adalah produksi utama kec. Pringgasela yang jaraknya kira-kira 10 km sebelah utara Selong. Kain tenun ini di produksi oleh pengrajin desa yang terkenal dengan mutu yang sangat baik sebab memakai bahan tradisional ditambah dengan alat tenun pun masih tradisional itu. Tidak heran bila pembeli dari luar negeri seperti Jepang dan Australia sangat suka sekali. Para pengerajin masih memakai alat tenun tradisional ( bukan mesin ) dan pewarna yang di pakai memakai pewarnaan dari kulit kayu jadi menghasilkan warna yang natural sekali. Benangnyayang di gunakan untuk pembuatan kainnya masih dipintal dengan tangan. Keaslian dari kerajinan ini yang disukai para wisatawan dari luar negeri.Anda dapat berkunjung ke kawasan Pringgasela dengan memakai angkutan umum yang telah tersedia di daerah tersebut untuk dapat mencapainya.

Anda dapat berkunjung ke 2 tempat kerajinan tradisional tersebut untuk menambah lengkap tujuan wisata Anda selama di pulau Lombok ini. Bila berniat melengkapi cinderamata dengan jenis kerajinan ala Lombok yang lain, Anda dapat membeli mutiara di kawasan Sekarbela, gerabah atau tembikar di kawasan Banyumulek ataupun kerajinan bambu dan rotan di Beleka dan Loyok. Selama liburan di Lombok, Anda dapat menginap di pusat kota yaitu kota Mataram yang banyak menyediakan banyak hotel.

Leave a comment